Minggu, 23 Oktober 2011

~ Lapangan SMA Negeri 1 Salatiga ~

Inilah pengamatanku tentang lapangan SMA Negeri 1 Salatiga. Tepatnya pada hari Kamis, 6 Oktober 2011 (± pukul 9). Aku berdiri di pertemuan antar dua tangga menuju lantai 2. Aku berdiri menghadap ke arah timur laut. Dibelakangku adalah kelas X-4. Pandanganku sedikit tertutup oleh dedaunan pohon jambu air yang berada di sebelah utara dari tempat dimana aku berdiri.
            Lapangan SMA Negeri 1 Salatiga berbentuk persegi panjang dengan ukuran ± 50×20 meter. Sisi yang lebih panjang ada pada arah tenggara dan barat laut. Sedang yang lebih pendek ada pada arah timur laut dan barat daya. Sebelah timur laut dari lapangan terdapat lahan kosong yang berbatu. Sebelah tenggara dari lapangan terdapat jajaran kelas XI dan sebuah tiang bendera. Sebelah barat daya dari lapangan terdapat perpustakaan dan jajaran kelas X. Sebelah barat laut dari lapangan terdapat kantor BK, ruang multimedia, kantor guru,kantor kepala sekolah, kantor TU, dan kantor piket.
            Unsur utama lapangan ini berselimut pasir, namun separuhnya sedang ditanami rumput. Di sekeliling lapangan utama, ada sebuah jalur dengan lebar ± 1 meter. Jalur tersebut diselimuti dengan tanah berwarna oranye kecoklatan. Di sekeliling jalur ini, terdapat jalan kecil dari paving. Jalan ini mempunyai lebar ± 50cm. Kemudian, sisa lahan di sekitarnya, ditanami rumput gajah dan beberapa tanaman hijau. Juga ada beberapa pohon yang ditanam di lahan tersebut. Di sisi bagian selatan lahan kosong tersebut, terdapat kolam pasir untuk kegiatan olah raga. Kolam pasir tersebut terletak di depan perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga.
            Suasana lapangan pada saat itu cukup tenang. Tentu saja, para siswa dan para guru sedang dalam proses belajar mengajar. Namun, ada para siswa kelas X-8 yang sedang mengerjakan tugas untuk mengamati lapangan di sekitar bagian barat lapangan. Para siswa di bimbing oleh Bu Uswatun yang juga berada di antara para siswa.
            Di lapangan, terdapat seorang pekerja yang menebar dan meratakan pasir sebagai media menanam rumput. Ada juga 2 orang pekerja yang sedang menanam rumput dengan sangat teliti. Ada pula 2 orang pekerja yang sedang menyiram rumput yang baru saja ditanam dengan menggunakan selang air. Di sisi lain, ada 2 pekerja yang sedang mengerjakan tiang bendera yang setengah jadi. Saat itu, ada 2 orang bapak guru yang berjalan di jalur bertanah oranye kecoklatan.
Inilah pengamatanku tentang lapangan SMA Negeri 1 Salatiga. Tepatnya pada hari Kamis, 6 Oktober 2011 (± pukul 9). Aku berdiri di pertemuan antar dua tangga menuju lantai 2. Aku berdiri menghadap ke arah timur laut. Pandanganku sedikit tertutup oleh dedaunan pohon jambu air yang berada di sebelah utara dari tempat dimana aku berdiri. Kuamati lapangan yang nantinya takkan lagi terlihat sama. Lewat kata-kata ini, kan kukenang lapangan SMA Negeri 1 Salatiga pada hari Kamis, 6 Oktober 2011.

Oleh : Florentia Eveline Revita Kusumaningtyas / 14 / X8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar