Rabu, 25 Januari 2012

APA PENGARUH KANTIN KEJUJURAN TERHADAP NEGARA INI?

              Pada dewasa ini kita tahu bahwa kejujuran mulai memudar. Padahal kejujuran merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Jika sejak kecil tidak ditanamkan kejujuran pada setiap diri manusia, maka dikehidupan kelak kita akan terbiasa untuk hidup tidak jujur. Ketidakjujuran merupakan perbuatan yang tidak baik. Akan tetapi masih saja banyak orang yang melakukan hal tersebut.
             Korupsi merupakan salah satu contoh ketidakjujuran di Negara ini. Dengan cara yang idak halal dan meghalalkan segala cara, para petinggi di Negara kita melakukan hal tersebut tanpa memikirkan akibatnya. Bahkan saat mendapat hukumanpun, mereka masih menggunakan uang untuk meringankan hukumannya. Contoh ketidak jujuran kecil antara lain : tidak menepati janji, mencontek, mencuri / nguntit, dll.
           Banyak tempat yang dapat kita pelajari tentang kejujuran, seperti sekolah, tempat ibadah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dll. Nampaknya sekolah dan lingkungan keluarga adalah tempat yang tepat untuk kita mengasah kejujuran. Selain itu, tempat ibadah juga menjadi sarana untuk memupuk sikap jujur. Di sekolah pun sedang berusaha melatih kejujuran para siswa dengan kantin kejujuran.    
           Kantin kejujuran merupakan sebuah kantin kejujuran dimana para pembeli membayar dan mangambil sendiri uangnya. Kantin kejujuran ini sudah merambah ditingkat SD hingga SMA. Hal ini merupakan salah satu cara untuk melatih kejujuran para siswa. Bahkan, pemerintah menyarankan untuk setiap sekolah mempunyai kantin kejujuran.
          Salah satunya adalah SMA Negeri 1 Salatiga. Di SMA ini memberi fasilitas kejujuran. Kantin kejujuran ini sangat bermanfaat bagi siswa dan para guru. Banyak siswa yang mungkin senang dengan kehadiran kantin kejujuran. Mereka bisa sepuasnya memilih makanan  yang mereka suka tanpa ada pengawasan. Harganya pun dapat dijangkau oleh kantong anak sekolah. Sehingga mereka dapat menghemat. Selain itu juga, mereka dapat  belajar berlaku jujur dimulai dari lingkungan sekolah. 
           Mungkin banyak siswa yang tidak senang karena adanya kantin kejujuran ini. Salah satu alasannya adalah kebanyakan kantin kejujuran hanya dikuasai oleh para senior di sekolah itu. Itu adalah hal yang tak patut ditiru. Namun, kantin kejujuran di SMA N 1 SALATIGA ini menyeluruh. Jadi, tidak hanya dikuasai oleh para senior, namun juga para junior bisa menikmatinya.
                   Pada dasarnya, adanya kantin kejujuran ini, diharapkan siswa dapat berlaku jujur dimana saja. Kejujuran sangat penting di dalam kehidupan kita. Alangkah indanya, jika hidup kita dipenuhi dengan rasa kejujuran. Selain itu juga dapat membantu Negara kita terbebas dari koruptor-koruptor. Kesimpulannya adalah kita harus berlaku jujur dimulai dari sekarang. Agar di masa yang akan datang Negara kita menjadi lebih maju dengan berkurangnya para koruptor.






Nindya Pramatyaswari / X-8 / 28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar