Selasa, 24 Januari 2012

Penyalahgunaan Ponsel Pada Jam KBM 

      Di lingkungan sekolah, sering terjadi permasalahan yang diakibatkan penyalahgunaan ponsel pada saat jam KBM.Isu bahwa penyalahgunaan ponsel yang dilakukan oleh para siswa mulai mencuat di antara para guru. Dengan ditemukannya beberapa kasus penyitaan ponsel yang marak terjadi pada saat jam KBM menguatkan isu penggunaan ponsel pada jam KBM oleh para siswa.
     Penggunaan ponsel diharapkan dapat membantu siswa untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang kerap terjadi. Namun  pada kenyataannya ponsel yang diharapkan sebagai alat komunikasi di luar jam KBM malah disalahgunakan UNTUK berkomunikasi pada saat jam KBM yang pada dasarnya tidak ada sangkut pautnya dengan pelajaran.
      Dengan ditemukannya penyimpangan yanb terjadi  , para guru mulai memberikan sanksi. Entah berupa teguran maupun tertulis atau yang lebih kerap disebut dengan sistem poin hingga penyitaan ponsel oleh guru.Hal itu tentu saja merugikan siswa, tetapk jika tidak diberikan sanksi tegas siswa akan menyepelekan mata pelajaran tersebut, dan dengan penyitaan ponsel tersebut diharapkan  akan membuat siswa lebih memperhatikan guru pengajar daripada ponselnya.
     Namun di satu sisi kita tidak bisa menyalahkan siswa sepenuhnya. Karena di satu sisi terdapat guru yang menyalah gunakan ponselnya pada saat KBM. Contohnya salah satu guru yang mengampu suatu mata pelajaran pada saat proses pembelajaran lebih sering memainkan ponselnya daripada mengajar. Hal tersebut dapat menganggu pembelajaran sehingga dapat menyebabkan  penurunan kualitas siswa dan di samping itu dapat menimbulkan pandangan negatif siswa pada guru yang bersangkutan.
    Pada dasarnya penggunaan ponsel pada saat KBM diizinkan jika terjadi hal-hal darurat. Sebaiknya penggunaan ponsel dilakukan dengan bijaksana dan secara bertanggung jawab oleh siswa maupun guru pada saat KBM. Alangkah lebih indah jika siswa dan guru menaati peraturan yang sudah diberlakukan . 



Meiza Dwihestiarini 24/X8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar