Rabu, 25 Januari 2012

Mentari C / 25 / X-8

Apakah Handphone Penting ?

Rasanya handphone sudah tidak lagi menjadi barang berharga bagi khalayak umum. Pasalnya, mulai dari anak kecil yang masih berstatus siswa – siswi SD sampai orang tua yang sudah lanjut usia memiliki handphone. Pemilik handphone juga tidak memandang bagaimana status ekonomi mereka. Dapat kita lihat, mulai dari yang berstatus ekonomi rendah, menengah, sampai yang berstatus ekonomi tinggi seperti para pejabat, semuanya memiliki handphone pilihan mereka.
            Sementara itu, sering pula kita lihat siswa – siswi SD, SMP atau SMA yang jelas belum berpenghasilan bisa memiliki handphone yang sangat canggih dan harganya pun tidak murah. Salah satu yang mampu menghipnotis para orang tua sehingga berkenan membelikan handphone yang canggih untuk anak mereka adalah tersedianya berbagai macam fitur – fitur canggih. Selain itu, sekarang juga bermunculan handphone yang harganya miring tetapi fiturnya juga tidak kalah lengkap dan menarik. Fasilitas tersebut dikemas dalam bentuk yang ringkas dan menarik.
            Bagaimana tidak ? Semua fasilitas yang seharusnya memakan tempat dan tenaga, kini tersedia hanya dengan satu genggam saja. Seperti kamera, kalkulator, kamus, internet dan masih banyak fitur – fitur yang ditawarkan oleh handhpone – handphone canggih masa kini. Sekarang handphone memang sudah banyak berkembang, tidak seperti dulu yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS. Maka dari itu, tidak heran jika kini semua orang berlomba – lomba untuk memiliki handphone modern, terbaru dan tercanggih. Tidak terkecuali para pelajar.
            Oleh karena itu, mayoritas pelajar di dunia ini pasti memiliki handphone. Selain untuk alat komunikasi, handphone juga dapat digunakan untuk melengkapi fasilitas mereka dalam proses belajar mengajar. Fasilitas tersebut dengan mudah mereka dapatkan. Misalnya, pada saat melakukan penelitian, mereka dapat menggunakan kamera dalam handphone mereka untuk mengambil gambar dari penelitian tersebut. Selanjutnya, pada saat perhitungan yang sangat rumit dan membutuhkan banyak waktu, mereka dapat mengefisiensikan waktu mereka dengan menggunakan kalkulator yang ada di dalam handphone mereka. Kemudian yang paling berpengaruh dalam kehidupan global ini adalah internet. Bahkan sekarang ini internet dapat kita nikmati melalui handphone.  Apa saja yang kita butuhkan ada di dalam internet, hanya dengan sekali klik saja. Dengan mudah kita dapat mengetahui materi dan bahan – bahan pembelajaran yang kita butuhkan.
            Namun, penggunaan handphone dalam proses belajar mengajar sering tidak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Mereka berpikir handphone justru akan menggangu konsentrasi para pelajar. Mereka mengkhawatirkan para pelajar akan menyalahgunakan handphone sebagai alat komunikasi diam – diam mereka. Maksudnya, mereka akan mudah SMS-an disaat proses belajar mengajar berlangsung. Mereka juga mengkhawatirkan para pelajar akan saling menyontek melalui SMS.
            Semua hal pasti ada pro dan kontranya. Masih ada kekurangan dari banyaknya keuntungan jika menggunakan handphone dalam proses belajar – mengajar. Semua itu dapat kita hindari jika kita benar - benar menyadari apa yang seharusnya kita manfaatkan mengingat begitu banyaknya keuntungan yang kita dapatkan dari penggunaan handphone dalam proses belajar – mengajar. Rasanya akan lebih baik jika kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan bijaksana.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar