Kamis, 26 Januari 2012

Penggunaan Ponsel Bagi Siswa

Pada zaman modern yang canggih ini, ponsel memiliki tambahan fungsi yang lebih daripada zaman-zaman sebelumnya. Ponsel zaman sekarang ini sebagaian besar mempunyai  berbagai fitur dan aplikasi yang sangat banyak. Alat komunikasi yang sangat booming pada saat ini memiliki fitur mulai dari handphone berkamera dengan resolusi tinggi hingga aplikasi Android dan Blackberry Messanger. Ponsel begitu marak bagi khalayak umum di Indonesia mulai dari anak yang berstatus sebagai pelajar Sekolah Dasar hingga orang tua, dari seorang yang berprofesi sebagai pengemis, pengamen, pemulung hingga seorang bos dalam sebuah perusahaan terkenal memiliki ponsel, bahkan beberapa orang tidak hanya memiliki satu ponsel, mereka membeli beberapa handphone untuk keperluan mereka masing-masing.

Ponsel sebenarnya hanya memiliki satu fungsi yang utama, yaitu sebagai alat komunikasi. Bagi para pelajar, ponsel juga dapat membantu mereka menyelesaikan suatu pertanyaan yang tidak dapat mereka temukan jawabannya di buku para pelajar, mereka dapat menggunakan ponsel mereka untuk browsing di internet mengenai pertanyaan tersebut, bahkan mereka juga dapat menggunakan fitur kalkulator untuk menghitung penghitungan dengan izin guru karena tugas tersebut cukup sulit .

Namun,  akhir-akhir ini banyak kasus yang terjadi karena penyalahgunaan ponsel bagi pelajar. Penyalahgunaan ponsel ini sering terjadi pada saat KBM berlangsung di kelas. Para siswa sering sekali menggunakan ponsel saat KBM berlangsung, memang ponsel digunakan untuk alat komunikasi tetapi seharusnya tidak digunakan saat jam pelajaran. Beberapa aplikasi tambahan yang tidak begitu bermanfaat bagi pelajar saat  pelajaran lah yang menyebabkan mereka menggunakan ponsel saat KBM berlangsung.

Ponsel digunakan para siswa karena terkadang mereka merasa jenuh saat pelajaran, karena mereka merasa cara mengajar Bapak/Ibu guru kurang menarik, merasa penjelasan Bapak/Ibu guru kurang memuaskan karena tidak begitu jelas. Siswa-siswa yang merasa jenuh akan menngunakan ponsel mereka untuk mengurangi kejenuhan mereka saat pelajaran berlangsung, sebagai contohnya mereka akan bermain game , membuka jejaring sosial Facebook, Twitter, Thumblr,  bahkan berfoto-foto hingga mendengarkan musik tanpa sepengetahuan Bapak/Ibu guru.

Peraturan sekolah yang intinya “Dilarang menggunakan ponsel saat KBM berlangsung !” sering dilanggar oleh siswa, siswa yang melanggar peraturan itu akan dikenakan sanksi entah berupa teguran, ponsel disita, dan sebagainya. Mungkin tidak hanya disita bahkan ditambah dengan point pelanggaran karena telah melanggar peraturan tersebut. Terlebih itu, penggunaan ponsel saat KBM berlangsung itu cukup merugikan, karena dapat menganggu konsentrasi murid saat guru menyampaikan materi kemudian tidak mengerti keseluruhan materi yang dijelaskan itu apa.

Karena itu, sebagai seorang siswa janganlah menyalahgunakan ponsel saat KBM berlangsung, kalau guru yang sedang mengajar mengetahui apa yang kalian lakukan dengan ponsel kalian. Siapa yang rugi? Siapakah yang akan menyesal? Pastinya kalian sendiri.  Buktikan bahwa ponsel berfungsi dengan benar, dan tidak merugikan diri sendiri. 


Mutiara Putri Pratiwi / X8 / 27 :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar