Selasa, 31 Januari 2012

Pengaruh Ponsel Saat KBM

 
                Dizaman yang sudah maju ini tentu banyak orang yang telah mengenal  ponsel. Dengan penjualan ponsel yang sangat murah membuat hampir semua orang mimilikinya terutama para remaja atau siswa. Sebagian dari mereka menggunakan untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar, tetapi ada juga yang menggunakan ponsel untuk hal yang tidak tepat pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
                Para siswa menggunakan ponsel untuk  sumber informasi pembelajaran. Ponsel juga dapat mengurangi  barang bawaan saat ke sekolah, misalnya kamus. Hampir semua ponsel sudah memliki fitur kamus sehingga memudahkan siswa.
                Namun ponsel juga memiliki sisi negatif bagi para siswa. Terkadang para siswa menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain pada saat KBM berlangsung. Hal tersebut membuat siswa tidak berkonsentrasi pada pelajaran sehingga dapat membuat nilai siswa menurun.
                Selain siswa, sekarang banyak juga guru yang asik menggunakan ponsel pada saat KBM. Seharusnya guru memberikan contoh yang baik bagi siswa. Hal tersebut bisa mempengaruhi siswa untuk menggunakan ponsel.
                Kesimpulannya, baik siswa maupun guru harus bisa lebih dewasa untuk menggunakan ponsel. Jangan menggunakan ponsel untuk hal yang tidak berhubungan dengan pembelajaran saat KBM berlangsung. Kita harus menumbuhkan sifat disiplin pada diri kita masing-masing, karena semua itu bermanfaat bagi diri kita sendiri.
Wildan Haryanto M.P
X-8 / 31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar