Rabu, 25 Januari 2012


Apakah Sistem Poin Bagus ??

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, tingkah laku para pelajar semakin menjadi – jadi. Mulai dari pelanggaran tata tertib sekolah yang sepele seperti terlambat masuk sekolah,membolos pelajaran,merokok disekolah dan lain-lainnya. Seringnya para pelajar melakukan pelanggaran tata tertib tersebut, akhirnya sekolah menerapkan sistem poin.
                Bagi siswa yang sering melanggar tata tertib, mungkin penerapan sistem poin ini menjadi penghambat untuk melakukan pelanggaran lagi, tetapi ada pula siswa yang tidak peduli dengan sistem poin ini.
                Pemberlakuan sistem poin ini menurut saya adalah suatu awal dari tonggak memajukan ketertiban dan kedisiplinan sekolah yang sering diremehkan oleh para siswa. Poin yang diberikan seringkali membuat jera, tetapi ada juga yang tidak jera karena dianggap masih sedikit.
                Minimnya perhatian dan pengawasan dari orang tua juga menjadi latar belakang kelakuan siswa .Kesalahan tersebut juga berasal dari diri sendi dan pihak sekolah. Pasalnya sering kali pihak sekolah tidak dapat menagani pelaksanaan sistem ini. Dimulai dengan tidak mengawasi pemberian poin, hukuman, dan lain – lain .
                Dibebrapa sekolah seperti di SMA N 1 Salatiga ini juga diterapkan sistem poin. Namun menurut saya, kurang diterapkan secara maksimal . Contohnya pemberian poin kepada siswa yang memakai sepatu yang bukan berwana hitaam. Seharusnya itu diberi poin berganda. Namun, karena pengawasan pihak sekolah yang tidak bagus membuat siswa tersebut tidak jera untuk melakukan pelanggaran lagi karena tidak ada tindakan lanjut.
                Sistem ini tidak hanya memberi poin saja lalu untuk disepelekan oleh para siswa, tetapi sistem ini juga memberikan hukuman – hukuman yang menurut saya cukup patut diberikan. Hukuman tersebut bisa berupa skors, orang tua dipanggil ke sekolah dan bahkan dikeluarkan dari sekolah karena poin yang didapat sudah melebihi batas. Namun, menuut saya itu bisa tidak berarti apabila sekolah tidak bisa bertindak tegas.
                Jadi, apabila sistem ini diterapkan di sekolah, Seluruh pihak sekolah harus berusaha menjalankan sitem ini secara baik. Ini bertujuan untuk menertibkan tata tertib sekolah dan memberi hukuman yang membuat jera para siswa supaya tidak melakukan pelanggaran lagi.

Raih Sukma P     X8/29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar