Rabu, 25 Januari 2012

Peranan Kantin Kejujuran sebagai Pendidikan Karakter


                Taukah anda tentang  pentingnya berperilaku jujur? Jujur itu sangat penting karena apabila kita tidak jujur kita akan merugikan orang lain dan terutama diri kita sendiri. Kejujuran itu sangat penting untuk membangun kepribadian yang baik, oleh karena itu jujur harus diterapkan sejak dini. Berperilaku jujur akan membawa kita ke dalam kebiasaan yang baik yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan segala tugas / kegiatan. Misalnya saat kita berusaha tidak menyontek maka kita akan mandiri dan tidak tergantuk pada orang lain.
                Kejujuran dapat diterapkan dari banyak kegiatan, mulai dari permainan (game) yaitu melatih anak agar tidak bermain curang, mengeluarkan siwa yang menyontek saat tes dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. Namun, hal ini banyak disepelekan oleh anak- anak remaja jaman sekarang. Mereka menganggap kejujuran itu tidak penting karena mereka menganut sistem “jujur ajur”. Yahh... itulah anak jaman sekarang.
                Untuk meningkatkan kejujuran dalam diri anak – anak remaja jaman sekarang, telah dibangun KANTIN KEJUJURAN disetiap sekolah. KANTI KEJUJURAN adalah sarana untuk menguji kejujuran para siswa dan kemandirian para siswa. Jadi, di kantin ini siswa harus belajar mandiri karena membeli sekaligus menjuali dirinya sendiri. Selain itu, siswa harus membayar dan mengambil kembalian sendiri tanpa ada yang mengawasi, disini siswa diuji kejujurannya. Saran saya jika iman anda tidak kuat jangan membeli sesuatu disini :D
                Apa saja sih yang dijual di KANTIN KEJUJURAN INI? Banyak sekali produk yang ditawarkan atau bisa juga dibilang kantin ini sangat lengkap.  Karena kantin ini berbau pelajar maka kantin ini menyediakan kebutuhan pelajar seperi ; alat ulis, LKS. Selain itu, adapula yang mengenyangkan para siswa yaitu makanan ringan sampai makanan berat seperti pop mie, dan macam – macam minuman seperti softdrink, dan masih banyak lagi.
                Dengan adanya kantin ini banyak siswa yang menanggapi dengan tanggapan positif seperti harganya yang lebih murah karena mereka tidak perku membayar jasa penjual. Adapula yang berpendapat kantin ini dapat meningkatkan kemandirian dan kejujuran. Adapula yang mengatakan kantin ini praktis/tidak perlu antre dan dekat dengan kelas. Jadi kesimpulannya KANTIN KEJUJURAN INI sangat menguntungkan para siswa. Selain itu, kantin ini berperan penting dalam pembentukan karakter siswa mejadi siswa yang berkarakter baik.

(Ailsa Devina R. x-8/04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar