Senin, 23 Januari 2012

Apakah Manfaat Sistem Poin?

                Pada era globalisasi yang terjadi saat ini. Semakin mempengaruhi perilaku para remaja. Para remaja yang notabenya masih bersekolah cenderung melakukan hal-hal yang menyimpang dari nilai dan norma yang pantas untuk mereka. Salah satu sikap remaja yang menyimpang adalah melanggar peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah. Banyak hal yang memicu mereka untuk melanggar peraturan-peraturan di sekolah
                Maraknya pelanggaran siswa di sekolah memerlukan penanganan khusus.  Diperlukan suatu sistem yang dapat memberi batasan terhadap perilaku siswa agar tidak menyimpang.  Maka dari itu, terbentuklah sistem poin yang diharapkan dapat menekan jumlah siswa yang melakukan pelanggaran atau bahkan mentiadakan pelanggaran tersebut. Banyaknya jumlah siswa yang melanggar peraturan membutikan bahwa karakter disiplin siswa mulai luntur.
                Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berlakunya sistem poin. Salah satunya, siswa menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab terhadap semua perbuatannya. Dalam pelaksanaannya  terjadi pro dan kontra dibalik perberlakuan sistem poin. Ada yang mendukung berlakunya sistem poin dan juga ada yang pesimis dengan cara kerja sistem poin.
                Dalam pelaksanaan sistem poin harus didukung oleh semua pihak yang terlibat. Salah satunya, adalah guru. Semisal terjadi suatu pelanggaran dan guru tidak aktif dalam bertindak menerapkan sistem poin. Maka dari itu, yang akan tejadi selanjutnya sistem poin akan stagnan atau bahkan tinggal nama. Diperlukan kerja sama diantara para guru untuk menerapkan sistem poin. Diharapkan dari kerja sama tersebut sistem poin akan berlaku semestinya.
                Meskipun,  pelaksanaan sistem poin belum memberi hasil yang maximal. Namun, jika diberlakukan dengan semestinya dapat dipastikan akan banyak manfaat yang bisa didapat dari sistem poin. Dibutuhkan dukungan semua pihak agar sistem poin dapat berjalan dengan lancar dan baik.
                Dengan demikian, sistem poin harus lebih digalakan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Sistem poin diharap tidak pandang bulu terhadap semua pelanggaran yang dilakukan siswa. Selain itu, orang tua juga perlu untuk mengetahi mengenai poin-poin yang dimiliki siswa. Jadi, orang tua dapat memantau pelanggaran anak-anaknya.
              
INNA ZULFA K
X8/18 :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar