Rabu, 25 Januari 2012


Rahasia Dibalik Sebuah Handphone

            Ponsel yang saat ini sepertinya marak digunakan oleh sebagian besar kalangan remaja, bahkan oleh siswa siswi sekolah pun sudah banyak yang menggunakannya. Berbagai macam merk dan tipe handphone sudah menyebar ke seluruh pelosok bumi. Mulai dari yang murah dan sederhana sampai yang mencapai harga jutaan rupiah, memiliki berbagai macam aplikasi-aplikasi yang semakin modern. Para siswa sekolah pun sudah banyak yang mengantongi alat komunikasi tersebut, meskipun ada sebagian yang menggunakannya sebagai ajang bergaya bukan untuk fungsi yang sesungguhnya, yaitu sebagai alat komunikasi.
            Saat ini ponsel telah banyak memiliki kemajuan dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang canggih. Selain menimbulkan dampak positif, handphone juga memiliki dampak negatif. Seringkali alat ini disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti meneror dan menghipnotis. Alangkah baiknya para wali maupun orang tua membimbing putra-putrinya supaya dapat memanfaatkan ponsel dengan sebaik-baiknya.
            Pada saat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) ponsel seringkali menjadi salah satu faktor yang membuat para siswa tidak konsen dalam belajar. Perhatian mereka lebih terfokuskan kepada handphone daripada pelajaran yang sedang berlangsung, contohnya sms, facebook, twitter, game hape, bahkan untuk mendengarkan musik dan berbagai macam hal lainnya. Sangat disayangkan apabila ilmu yang seharusnya diperoleh terhalang karena sebuah handphone.
            Ada kalanya, ponsel juga bermanfaat disaat proses belajar mengajar. Contohnya pada saat mata pelajaran seperti matematika dan fisika yang memerlukan banyak perhitungan. Terkadang lebih menguntungkan menghitung dengan kalkulator yang terdapat pada ponsel. Kamera pada handphone juga dapat dimanfaatkan pada saat melakukan eksperimen yang memerlukan data seperti foto maupun video. Aplikasi seperti internet pada ponsel juga dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi sehingga lebih simpel dan praktis.
            Beberapa dampak positif maupun negatif tentang penggunaan ponsel pada saat jam pelajaraan sudah saya sampaikan di atas. Sebaiknya para pelajar dapat lebih memanfaatkan alat tersebut dengan sebaik-baiknya. Sadar akan waktu sehingga tidak membuang waktu yang ada hanya untuk hiburan semata. Mereka boleh menggunakannya pada saat yang tepat, namun tidak lupa akan kewajibannya untuk belajar. Semoga bermanfaat ^^.
                                                                                                                        Sarah Pratiwi
                                                                                                                        X-8 / 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar