Rabu, 25 Januari 2012

Pendidikan Karakter di Balik Kantin Kejujuran

Seberapa pentingkah kejujuran menurut anda ? Bagi saya kejujuran sangat penting dan harus menjadi budaya kita. Jika kita tidak berlaku jujur maka kita akan merugikan orang lain dan diri kita sendiri. Untuk membentuk karakter bangsa yang baik, kejujuran perlu ditanamkan sejak dini. Agar penerus bangsa ini mempunyai karakter yang baik sehingga dapat memperkecil kemungkinan orang berkorupsi.
                Bagaimana caranya membentuk karakter siswa agar menjadi orang yang jujur ? Untuk membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang jujur dapat diterapkan dengan banyak cara, salah satunya dengan adanya kantin kejujuran di sekolah-sekolah. Seperti halnya kantin kejujuran yang ada di SMA NEGERI 1 SALATIGA. Kantin kejujuran ini dapat melatih mental siswa untuk berlaku jujur. Jikalau kantin kejujuran di sekolah tersebut masih terus berjalan dan mendapatkan untung, maka karakter siswa di sekolah tersebut sudah baik.
                Dengan diberlakukannya kantin kejujuran ini , banyak tanggapan-tanggapan positif dari para siswa. Ada yang mengaku terlatih kejujurannya melalui kantin  ini. Adapula yang senang karena di kantin ini tidak hanya menjual makanan dan minuman, di kantin ini juga menjual alat tulis. Banyak sekali manfaat dari kantin kejujuran ini.
                Keberadaan kantin kejujuran ini selain melatih siswa agar berlaku jujur, juga untuk menguji seberapa baik karakter siswa SMA NEGERI 1 SALATIGA. Namun, mengapa harus ada  guru yang berada di sana ? Walaupun mungkin tidak mengawasi siswa, namun keberadaan guru di sana seolah berjaga untuk mengawasi siswa. Tidak diperlukan juga pemasangan CCTV. Karena kalau siswa diawasi sama dengan tidak memberikan kepercayaan kepada siswa . Bagaimana kejujuran siswa dapat terlatih dan teruji jika siswanya saja masih terus diawasi ?
                Inti dari semua ini adalah kejujuran. Kejujuran itu sangat penting. Bahkan di jaman sekarang ini sulit menemukan orang yang benar-benar berlaku jujur. Dengan kantin kejujuran diharapkan dapat mendidik karakter siswa menjadi pribadi yang jujur. Agar dapat meneruskan bangsa ini dan dapat membawa bangsa ini ke dalam perbaikan. 

Mega Fatma Septiani / X8 / 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar