Kamis, 26 Januari 2012

Sudah Bisakah Pelajar Indonesia Memanfaatkan Ponsel?
(Kurniawan Bangkit P X8/22)

Memutuskan untuk memberikan ponsel kepada anak sejak  dini saat ini telah menjadi trand di kalangan masyarakat. Dengan keadaan ini, orang tua beralasan bahwa dengan adanya ponsel, mereka bisa menghubungi anaknya kapan saja dan  dimana saja. Bahkan tidak jarang kita temui ada anak TK yang sudah mahir dalam menggunakan ponsel.  Dilihat dari psikologisnya, sebenarnya pemberian ponsel kepada anak usia dini tidak begitu penting, karena hal itu dapat menurunkan jiwa sosial. Selain itu, bagi pelajar remaja, apakah ponsel itu sangat penting??? 

Keberadaan ponsel memang sangat penting apalagi di kalangan pelajar remaja. Namun, ponsel bukanlah yang terpenting dan ponsel bukanlah segala-galanya. Banyak sekali segi positif yang kita dapatkan dengan keberadaan  ponsel. Contohnya kita bisa menghubungi orang lain dimana saja dan kapan saja dalam kondisi terdesak maupun tidak. Selain itu, ponsel juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis, periklanan, dan lain-lain.  Jaman-jaman seperti ini, mayoritas pelajar remaja di Indonesia mempunyai ponsel, atau bahkan semua pelajar telah mempunyainya. Namun, apabila kita tengok lebih dalam lagi, apakah ponsel itu telah digunakan dengan baik??? Atau justru disalahgunakan ???

Memang benar, ponsel itu sangat dibutuhkan, tetapi banyak pelajar remaja yang menyalahgunakan keberadaan ponsel tersebut. Mereka kurang bisa memanfaatkan kesempatan dan tekhnologi yang sudah tersedia. Banyak dari pelajar remaja yang menggunakan ponsel  tempat dan kondisi yang tidak tepat, alias mereka sering menggunakan ponsel saat kegiatan belajar mengajar atau KBM berlangsung. Memang, ada keadaan saat kita harus menggunakan ponsel saat pelajaran, misalnya saja saat kita browsing internet untuk mencari tugas. Tetapi hal ini jarang dilakukan.  Mereka tidak memperhatikan  pelajaran yang sedang diberikan. Jangankan memperhatikan, guru yang berbicara saja tak pernah dihiraukan, karena mereka lebih fokus dan terlalu asik dengan ponsel yang mereka miliki. Dengan fitur-fitur terbaru dan permainan-permainan yang menarik, mereka semakin tertarik untuk menggunakan ponsel. Padahal, pada kenyataannya mereka memiliki banyak waktu di luar sekolah yang memungkinkan mereka untuk menggunakan ponsel sepuas-puasnya. Lalu apa motif mereka menggunakan ponsel saat kegiatan belajar mengajar berlangsung ???

Kebanyakan dari pelajar remaja menyatakan bahwa alasan dari mereka menggunakan ponsel saat pelajaran berlangsung adalah kebosanan mereka saat mengikuti pelajaran. Mereka  merasa jenuh saat mengikuti pelajaran, apalagi apabila guru hanya menerangkan panjang lebar dan tak tahu apa yang dimaksud. Lalu, sebagian dari mereka beralasan bahwa tidak ada teguran atau sanksi yang tegas kepada siswa yang menggunakan ponsel saat pelajaran.

“ Jujur, saya sering menggunakan ponsel  ketika pelajaran berlangsung karena saya tidak suka dengan  pelajaran itu. Saat guru memergoki saya menggunakan ponsel, guru hanya menegur secara lembut dan tidak ada sanksi atau hukuman yang tegas.” Kata salah satu pelajar SMA.
 
          Menurut para ahli, radiasi dari ponsel sangat berbahaya bagi kesehatan kita, karena dapat merusak saraf-saraf dalam tubuh kita dan saat kita belajar di sekolah, kita menggunakan otak kita untuk berpikir bukan??? Radiasi dari ponsel  yang kita pakai akan mengganggu kerja saraf di otak kita, dan hal ini akan membuat kita tidak busa fokus dan konsentrasi saat kita berpikir dan belajar. Bagaimana ingin pandai, bila kita tak pernah memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan ponsel dan saat kita memperhatikan pelajaran, kita tidak bisa fokus karena kerja otak kita terganggu oleh radiasi ponsel.

          Gunakanlah ponsel bila perlu  dan usahakan untuk  tidak menggunakannya saat belajar dan  bahkan menonaktifkannya. Perhatikanlah guru yang sedang mengajar, karena mereka adalah orang tua kita di sekolah. Jika kita belajar dengan sungguh-sungguh, kita akan menjadi orang yang sukses dikemudian hari.  Ingat,  disiplin itu adalah kunci utama kesuksesan.
:)

GBU **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar