Rabu, 25 Januari 2012


Nama           : Dhenny Wahyu Sri Astuti
No Absen     : 09
Dampak Ponsel bagi Siswa
Saat ini ponsel dianggap sebagai alat komunikasi yang paling efektif. Ukurannya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Kini hampir semua orang memiliki ponsel. Bahkan apabila tidak memiliki ponsel ada beberapa orang yang merasa malu dan kesulitan untuk berkomunikasi. Terutama bagi kalangan anak muda. Di zaman sekarang ini, anak usia kurang dari sepulih tahun sudah mampu menggunakan ponsel. Betapa canggihnya zaman sekarang.
Seperti halnya siswa-siswi di SMA negeri I Salatiga, hampir semua siswa membawa ponsel ke sekolahan. Jika dibandingkan mungkin 10:1 antara yang membawa dengan yang tidak membawa ponsel. Namun banyak dari mereka yang menyalah gunakan ponsel.
Sesungguhnya apabila mereka menggunakan ponsel dengan baik dan benar, ponsel dapat  menjadi sumber ilmu. Bagi ponsel yang dapat digunakan untuk membuka internet, itu memudahkan kita untuk mencari sumber materi beberapa materi pelajaran. Karena menggunakan internet kita dapat menemukan apa saja. Namun, akan memberikan pengaruh negatif  apabila  digunakan untuk membuka situs porno.
Ponsel juga sangat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang tua. Apabila ada urusan yang penting dan mendadak, ponsel sangat berperan untuk mempermudah dan mempercepat komunikasi dengan orang tua atau saudara. Selain itu, masih banyak hal yang menguntungkan apabila kita menggunakan ponsel dengan baik dan benar.
Namun, banyak juga siswa yang menggunakan ponsel untuk hal-hal yang tidak penting. Saat KBM di kelas, ada beberapa siswa yang menggunakan ponsel untuk mengirim pesan atau istilahnya SMSan dan membuka facebook . Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu KBM. Tidak hanya konsentrasi pemilik ponsel saja yang terpecah namun konsentrasi belajar seluruh siswa akan terganggu apabila ponsel berbunyi. Tentu saja suasana belajar yang semula sangat kondusif dapat berubah menjadi tidak kondusif dan KBM di kelas menjadi tidak efektif.
Ada juga siswa menggunakan ponsel hanya untuk tren saja. Bagi siswa yang memiliki sifat konsumeris, mereka akan sering berganti-ganti tipe dan model ponsel mengikuti model atau tipe yang terbaru. Mereka akan merasa bangga apabila dapat melakukannya. Tentu saja hal ini tidaklah baik. Sifat hidup boros akan timbul pada siswa apabila bergaya hidup demikian. Selain itu, dapat juga membuat siswa menjadi sombong dengan ponsel yang dimilikinya.
Maka dari itu, sebagai seorang siswa kita harus dapat menggunakan ponsel dengan baik dan benar. Lebih baik lagi apabila saat KBM semua ponsel dimatikan.  Dapat pula ponsel diaktifkan dengan pengaturan nada diam. Sehingga KBM berjalan dengan lancar dan prestasi siswa tidak menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar